June 2, 2011

Penemu Tomografi Pertama di Dunia Dari Indonesia

Warsito, Ilmuan Tomografi Pertama Dunia!

REP | 20 May 2011 | 22:27133 0 1 dari 1 Kompasianer menilai inspiratif

Saya terkagum-kagum ketika mengetahui hasil penelitian Warsito menjadikannya sebagai mitra penting perusahaan sekelas BMW, lembaga riset paling mentereng dunia Departemen Pendidikan Amerika Serikat, Universitas Ohio, Proyek prestisius King Abdul Aziz dan seterusnya.

Bagi yang kebetulan menyaksikan acara Kick Andy barangkali bisa mengingat-ingat apa yang diceritakan Warsito di depan layar kamera. Cerita ini sekaligus menyejukkan rasa yang sebelumnya disesakkan oleh kongres PSSI yang tak kunjung terang benderang. Rumit!

Ya, Warsito berhasil mengembangkan cabang ilmu Tomografi, ilmu ini kelihatannya mencoba meneropong bagian dalam segala sesuatu dengan menggunakan komputer. Dengan kata lain digitalisasi segala hal yang selama ini sebagian masih menggunakan cara manual.

Warsito memilih pulang ke Indonesia setelah puluhan tahun menimba ilmu di Jepang dan Amerika Serikat. Ia meneliti ilmu tomografi yang minta ampun rumitnya. Inovasi yang dihasilkan menarik produsen industri otomotif sekelas Suzuki. Selain pabrikan asal Jepang, hasil karyanya juga menarik kelompok ilmuan antariksa AS yang selama ini menjadi kiblat kemajuan teknologi, NASA.

Puluhan karya penelitiannya telah dipatenkan di AS, paten ini seperti mengangkat derajatnya setara dengan seluruh ilmuan seluruh dunia. Jika selama ini ia menuliskan alamat paten di AS tempat ia berdomisili sebagai peneliti, tetapi kini dia mulai mendaftarkan paten dengan alamat Tangerang, Banten.

Cerita pulang ke tanah air tidak semanis kehidupan di negara tempat selama ini ia mendapatkan fasilitas tanpa batas di Jepang dan AS, setiba di tanah air ia harus menyewa ruko dengan menjual mobil sendiri guna membuka laboratorium sendiri. Tekad memberikan sumbangsih kepada negeri membuat Warsito yakin akan pilihannya. Akhirnya, pilihan itu tidak salah, lima tahun kedepan temuan teknologi terbaru bidang tomografi produk asli siap dirilis, kata Warsito dengan penuh harapan cerah untuk Indonesia!


No comments: