October 6, 2010

Sri Mulyani, Cristiano Ronaldo dan “Apa Hikmah Kepergiannya” (SMI III)

Ada kesamaan antara Sri Mulyani dan Cristiano Ronaldo, cerita terakhir dari keduanya adalah Ronaldo meninggalkan Old Traford untuk berlabuh di Santiago Bernabeu sementara SMI meninggalkan Indonesia untuk berkantor di World Bank Cristiano Ronaldo merupakan salah satu pemain terpenting dalam skuad Sir Alex Ferguson di Manchester United. Kedatangan anak muda dari Sporting Lisbon Portugal itu seakan menjadi anugrah terbesar dalam sejarah MU, kepandaiannya menggiring bola, kemampuan dribbling yang teratur ala brazil, sejumlah assist penting, tendangan roket mematikan adalah sejumlah talenta yang melekat pada diri CR7. Satu Ronaldo setara dengan tiga pemain: striker, winger, gelandang serang.

Keberadaannya di skuad MU—walaupun bukan satu-satunya faktor--membawa MU meraih sejumlah tropi bergensi, seperti Premier League, Carling Cup, Liga Champions, Kejuaraan Antrarklub Dunia, dll. Selama empat musim di Inggris ia mendapat sejumlah penghargaan penting di antaranya adalah pemain terbaik dunia, peraih sepatu emas, pemain terbaik eropa, ballon d’orb, dan penghargaan lainnya. Ia seolah menjadi ruh permaian MU, maka tidak heran kalau Ronaldo sedang cedera Fergie selalu kesulitan untuk menciptakan peluang kemenangan. Atau ketika ia pergi MU mengalami defisit tropi.

Sama halnya dengan Cristiano Ronaldo. Hal serupa juga terjadi pada ibu Sri Mulyani Indrawati (SMI). Tidak ada yang meragukan kapasitas seorang SMI di Indonesia, ia pernah menjadi salah satu menteri keuangan terbaik se-Asia, pernah menjadi satu di antara seratus wanita paling berpengaruh di dunia versi majalah TIME sejajar dengan Oprah Winfrey menggeser seorang Hillari Clinton, ulasan-ulasan tentang SMI selama satu semester ini datang bertubi-tubi dari berbagai perspektif baik itu para ilmuan yang mengetahui SMI saat berada di UI, para teknokrat di lingkungan Kemenkeu, atau para pelaku bisnis yang menjadikannya sebagai rujukan untuk memprediksi probabilitas perekonomian Indonesia, bagi mereka SMI mampu mentransformasikan integritasnya dalam banyak kebijakan penting. Sebut saja, perbaikan institusi ke arah good governance, amandemen sejumlah aturan perpajakan, maksimalisasi peran pajak bagi keuangan negara, efisiensi anggaran, menegur mereka yang tidak taat pajak baik yang dekat dengan kekuasaan atau mereka yang hampir memliki akses kepada kekuasaan.

Prestasi yang di ukir di tanah air menempatkan SMI sebagai simbol bersih-bersih departemen di Indonesia, ia juga belakangan setelah menyatakan pengunduran diri kabinet jilid dua banyak dirindukan oleh public tanah air, dukungan terhadapnya mengalir drastis entah melalui postingan di FB, twitter, atau Kompasiana yang khusus membuatkan ruang untuk para apresiator SMI. Begitu juga dengan gejala baru yang merasa kasihan dengan SMI lantaran tidak dibela oleh bosnya, padahal seharusnya jika boss turun tangan semua urusan tidak akan berakhir seperti ini, maka ada juga wacana untuk mempersiapkan SMI sebagai kandidat presiden 2014.

Kepergian Ronaldo ternyata membawa dampak positif bagi MU: potensi Nani yang tadinya tidak
bisa berkembang karena ada Ronaldo belakangan menjadi pilihan di skuad utama Fergie, ia dianggap mampu mewarisi permainan Ronaldo; Rooney yang tadinya terlalu berharap umpan matang dari Ronaldo belakangan mampu tampil agresif mencari bola sendiri dan mencetak banyak gol; Ronaldo pergi dengan nilai transfer trilyunan rupiah di saat MU butuh suntikan dana sehingga hasil penjualan Ronaldo cukup membantu keuangan klub.

Begitu juga dengan kepergian SMI, barangkali hikmah yang bisa dipetik adalah: pertama, SDM Indonesia memiliki tempat di mata internasional, brand manusia Indonesia seakan mendapat sertifikasi ISO atau meminjam istilah salah satu tulisan seorang ibu di Kompasiana –saya lupa tanggal berapa--yang menulis tentang SMI ”mampu menaikkan citra TKI indonesia”, meskipun SMI sendiri pernah duduk di posisi penting IMF; kedua, kepergian SMI paling tidak menjadi momentum untuk mencari SDM baru yang memiliki kapasitas setara SMI, saya optimis masih banyak talenta serupa (pak Agus Martowardoyo kita berharap mampu meneruskan sistem yang telah dibangun SMI); ketiga, SMI identik dengan kalangan profesional yang menjauhi politikus, meski demikian ia selalu mendapat dukungan dari masyarakat, kesimpulannya adalah kapasitas dan integritas seseorang menjadi parameter publik untuk menilai siapa yang baik dan tidak baik, maka siapapun anda (apalagi anggota kabinet) yang hendak bekerja secara maksimal maka bekerjalah semaksimal mungkin untuk rakyat dan jangan pernah takut permainan oknum DPR dan oknum pengusaha-politikus.

Ronaldo merasa perlu untuk pindah ke Real Madrid karena merasa perlu untuk mencari tantangan baru dan merealisasikan mimpi ibunya. SMI pindah ke Bank Dunia adalah karena hanya ada sedikit peluang bagi setiap generasi Indonesia untuk mendapatkan jabatan prestisius itu dan ini adalah kesempatan, begitu kira-kira jawaban SMI dalam wawancaranya dengan majalah Tempo.

Comment · LikeUnlike · Share

*
*
Anieq Dot, Habibi Ridho Rony and Eliyan Umamy like this.
*
o
Anieq Dot
paling tidak musim transfer berikutnya tidak terjadi blunder...artinya ketika

sama2 dipuncak popularitas akan terjadi sejarah terulang kembali.setiap pemain yang pindah ke

real madrid, akan menuai tuah...karena karakter yang punya real madr...id selalu begitu :

mencari pemain terbaik ditempat yang g baik...he9 :d

saya rasa terlalu percaya diri lo menyebut optimis lo SMI akan betah

disana..begitu jg dengan CR7See More
May 21 at 8:51am · LikeUnlike
o
Bibah Namharru Kokusakons Kita tunggu aja hasilnya.....
Kacang lupa akan kulitnya...atau
Tikus jatuh di atas beras...Jangan2 cm cangkul lg....
May 22 at 6:38am · LikeUnlike
o
Tan Rosyidov Dostoyevsky wah, analisa yang jempol, bung!
May 22 at 10:45pm · LikeUnlike
o
M Sya'roni Rofii ‎@aniq: real kayaknya perlu pelatih yg tepat, kabarnya Mourinho

kandidat kuat. seharusnya sekelas beny dollo mampu membawa real menang banyak...:O
akan lebih baik kalau saat populer mampu berbuat kebaikan untuk kepentingan orang

banyak...:)
May 23 at 8:30pm · LikeUnlike
o
M Sya'roni Rofii
‎@bibah: alangkah indah kalau rajin mencangkul untuk kesuburan lahan...:)

@Rosidov Ivanovic: besok mau buat pusat studi sepak bola dan politik. awakmu gelem

dadi donatur tetap ra? Jose mourinho wis siap jadi dewan pembina, pokoke we mantapla...h

Partai Chelsea Cabang Jatim segera terbentuk...:PSee More
May 23 at 8:33pm · LikeUnlike
o
M Sya'roni Rofii oya lupa, thanks buat jempol kawan2: aniq, habibie, elian..:)
May 23 at 8:35pm · LikeUnlike
o
Tan Rosyidov Dostoyevsky aku siap !!!....kujaminkan atau kuasuransikan seluruh

ragaku, tak tersisa.
May 26 at 12:57am · LikeUnlike

Catatan: diposting pertama kali di note pribadi di FB pada by M Sya'roni Rofii on Friday, May 21, 2010 at 7:41am.

No comments: