September 29, 2010

10 Penentu Sejarah Internet


Pernahkan anda berfikir dan bertanya tentang mengirim surat dari Indonesia ke Amerika yang tadinya bisa memakan waktu lebih dari satu hari, tiba-tiba berubah menjadi hanya hitungan detik? Mengirim bahan presentasi kepada pimpinan yang tidak mungkin bisa tepat waktu karena kemacetan jalan kota, namun berkat bantuan email semua itu bukan masalah? Atau sekedar mengucapkan selamat kepada rekan kerja di luar negeri dengan menelepon berjam-jam yang otomatis mengeluarkan biaya cukup besar, kini cukup hanya dengan menggunakan fitur baru internet, selain biaya hemat anda juga bisa bertatapan langsung dengan lawan bicara anda dimanapun ia berada?

Bagi para peselancar dunia maya, situs Yahoo, Google, Wikipedia, merupakan mahluk yang tidak asing lagi. Sebab, fitur-fitur yang ada di situs itulah yang berjasa besar memudahkan komunikasi mereka. Yahoo dikenal sebagai raksasa penyedia surat elektronik (e-mail), Google sang mesin pencari terhebat, dan Wikipedia sebagai ensiklopedi terbesar dengan menyediakan tidak kurang dari seratus alat bantu bahasa dunia. Sadar akan kebutuhan dan animo masyarakat dunia, lantas membuat para pendiri atau pemilik situs (penyedia jasa) itu tidak berhenti berinovasi. Mereka terus berbenah membesarkan produk digital mereka.

Kita tentu masih ingat bagaimana seorang ibu Prita Mulyasari di tanah air yang oleh karena mengeluh melalui email lantas berhubungan dengan pihak pengadilan. Ia ditahan karena email itu. Beberapa waktu kemudian salah seorang yang bersimpati kepadanya, membuat causes dan group (salah satu fitur kelompok di Facebook). Dari Facebook kemudian mendatangkan simpati dari berbagai macam pihak: media massa, pemerintah pusat, kejaksaan agung, tim sukses capres, dll. Situs yang didirikan oleh Mark Elliot Zuckerberg ini memang sangat berpengaruh.

Artinya, keberadaan fitur-fitur baru di jagad internet tersebut, memiliki kontribusi begitu besar bagi setiap orang. Mereka memiliki pengaruh. Sangat berpengaruh. Lantas siapa yang paling berjasa dibalik semua itu?

Adalah Bill Gates, Steve Jobs, Jerry Yang, Evan Williams, Mark Elliot Zuckerberg dll. Merekalah Tokoh-tokoh dunia maya yang sangat berjasa dibalik semua itu. Nama dan Ide kreatif mereka mampu mengubah dunia. Pengaruhnya tak akan terlupakan dalam sejarah digital. Namun, seperti apa jalan panjang para pencetak sejarah digital itu dalam menuai sukses? Buku diatas patut dipertimbangkan untuk menjadi bahan referensi anda.

Judul : Sepuluh Orang Paling Berpengaruh di Jagad Dunia Maya
Penulis: Rony Khabar
Editor : M Sya'roni Rofii
Layout : Adil Sastrawan
Cetakan: Pertama, 2009
Penerbit : Annora Media Yogyakarta

No comments: